Cara Bore-Up Mesin Vespa
Biasanya pada blok mesin
piston dan selinder diberi celah, namun tak sembarangan memberi celah, semua ada ukurannya, bilamana dikasih celah sembarangan piston akan
ngejim.
Untuk mengatasi masalah itu tidak terjadi dibawah ini ada ukurannya sebagai berikut:
C=diameter cylinder max
P=diameter luar piston
Piston Clearance 0,0040 /0,0045.
Dijamin mesin vespa anda tidak macet, proses Rayen selama tiga
hari, penggunaan oli samping sebaiknya 1,5 dari takaran biasa atau tiga
tutup botol oli samping pada bensin satu liter. Oli sehabis korter pakai
oli bagus bisa pake oli jumbo atau oli samping pertamina.
Awalnya,
ide ini muncul karena rasa penasaran atas kemampuan vespa yang katanya gak
bisa lari(motor butut). akhirnya rasa penasaran ini di curahkan pada
motor Vespa. Adapun karb (singkatan dari karburator) menggunakan
karburator PX 150. Standard-nya, karb ini memiliki lubang venturi (isapan
udara) berukuran 18 mm walaupun pada bodi karb tertulis 20 mm. kemudian
pilot jet dan main jet menggunakan 48-160.
Ubahan yang saya lakukan
sangat sederhana tanpa harus membeli onderdil pengganti, dan terbukti
dapat meningkatkan performa dan speed motor vespa saya.
adapun ubahan
yang di lakukan yaitu berupa pembesaran (reamer) lubang venturi karb
dari 18 mm menjadi 24 mm (setara karb spartan 24 mm). Ubahan ini
dilakukan tidak hanya pada lubang venturi bagian luar, namun bagian
dalamnya juga. Efek dari perubahan ini yaitu, lidah skep karb standar
tidak dapat dipakai lagi dan harus diganti dengan plat almunium setebal
1,5mm yang di model menyerupai lidah skep yang asli namun dengan ukurun
berbeda yaitu 24mm(yang asli cuma 18mm).
Setelah melakukan perubahan
ini, pilot jet dan main jet pun ikut di sentuh dengan pisau
tunnig(kikir dan bor) untuk mendapatkan ukuran sepuyer (bahasa lain dari
pilot dan main jet) yang tepat mengingat ukuran spuyer pada karb PX150
sudah terbesar dikelasnya dan sudah tidak ada di jual yang lebih besar
lagi.
Untuk pilot jet dan main jet, cukup bagian ujungnya yang
diperbesar menggunakan mata bor 0,5mm. perubahan ini dirasa sudah cukup
besar untuk mengalirkan bensin dengan deras ke blok selinder vespa anda.
--Selamat mencoba.
--Sumber: Modifikasi Motor
--Editor: Faruq Ibrahim
Senin, 05 Mei 2014
23.10
MR: EDITOR
Unknown
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.
Related Posts
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar